Monday, August 1, 2011

musik

Hi temen temen ketemu lagi dengan postingan yang baru…kali ini saya mau mengupas apa itu musik….hehehehe kayak kulit kacang aja….. sebenernya artikel ini diambil (dicopast) dari skripsi ku lho yang berjudul “Peranan Efek Gitar Dalam Pertunjukan Musik Band di Semarang”….hehehehehe mungkin bisa berguna buat temen-temen pembaca. Selamat menikmati….

Tau nggak temen-temen, istilah musik berasal dari bahasa Yunani yaitu Musike. Musike berasal dari perkataan muse-muse, yaitu sembilan dewa-dewa Yunani  di bawah dewa Apollo yang melindungi seni dan ilmu pengetahuan. Dalam metodologi Yunani kuno mempunyai arti suatu keindahan yang terjadinya berasal dari kemurahan hati para dewa-dewa yang diwujudkan sebagai bakat. Kemudian pengertian itu ditegaskan oleh Pythagoras, bahwa musik bukanlah sekedar hadiah (bakat) daripara dewa-dewi, akan tetapi musik terjadi karena akal budi manusia dalam membentuk teori-teori dan ide konseptual.
Pengertian yang diungkapkan oleh  Jamalus (1989:7), bahwa musik adalah sebagai hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi-komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk atau struktur dan ekspresi sebagai satu kesatuan.
Miller (2001:26) mengartikan musik adalah suatu seni yang berada waktu dengan mediumnya adalah bunyi yang sebenarnya (ragawi), yang tidak menetap melainkan bergerak di dalam suatu rentangan waktu.
Suharso dan Retnoningsih (2009:330) mengartikan musik sebagai ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan berkesinambungan dengan nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan.
Unsur-unsur musik terdiri dari beberapa kelompok yang secara bersama merupakan satu kesatuan membentuk suatu lagu atau komposisi musik. Semua unsur tersebut berkaitan erat dan sama-sama mempunyai peranan penting dalam sebuah lagu.
Menurut Jamalus (1988:7), pada dasarnya unsur-unsur musik dapat dikelompokkan atas :
1.      Unsur-unsur pokok yaitu harmoni, irama, melodi, atau struktur lagu.
2.      Unsur-unsur ekspresi yaitu tempo, dinamik dan warna nada kedua unsur pokok musik tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Gimana…..tambah tahu kan tentang musik….untuk postingan berikutnya akan membahas lagi mengenai musik secara lebih mendalam. Sampai jumpa di postingan berikutnya

No comments:

Post a Comment

my blog is dofollow. please comment, but do not spam. thanks