Thursday, July 25, 2013

tips dan trik membuat vieo clip band murah berkualitas

     Halo friends, ane posting lagi.hehehehe. Kali ini my blogs day akan bagikan tips dan trik membuat video klip untuk band atau solo dengan budget Rp 0,- tapi hasilnya gak kalah sama video klip yang ngabisin duit jutaan rupiah. jasa penjualan video clip saat ini yang paling murah sekitar 1,5 juta. dan itupun cuma shootingnya doang tanpa properti apa apa, garapanya asal asalan yang penting jadi, rumah produksi dapet duit, kelar deh. "mau bagus mau jelek terserah yang penting gue dapet duit.ada uang ada barang". kebanyakan kaya gitu jasa pembuatan video clip yang ada (tidak semua sih, hanya sebagian besar). paling gak video clip yang agak lumayan harganya diatas lima juta. bahkan ampe puluhan juta kalau mau sekelas band papan atas.

Ni liat dulu video clip gue yang digarap cuma pake dana 0 rupiah, malah dapet duit dari sponsor
Yeriko Noco - Alam Damai


Bukan berarti video clip gue udah sempurna. di situ masih banyak kekurangan dimana-mana. namanya juga gratisan. tapi gak kalah telak kalau dibandingin sama video klip band indie yang abis budget jutaan atau band-band  baru yang udah major. maka dari itu, dimohon kritik dan saranya supaya bisa lebih mendingan di video clip ku berikutnya.

kembali ke topik. gimana cara membuat video clip band murah tapi berkualitas. hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

1. Tentukan Konsep
     Hal ini merupakan hal pertama dan terutama dalam membuat video clip. banyak video clip band yang label sekalipun abis jutaan rupiah tapi hancur berantakan karena tidak terkonsep dengan baik. pernah liat tv yang muter lagu-lagu doang, biasanya di para bola (maaf ni nyebut merk, kaya matrix tv). disana banyak video clip band baru yang gak pernah di puter di tv nasional. atau pernah nongol tapi sekali doang. dan mereka berada dalam major lable ternama seperti Nagaswara (yang menaungi wali dan kerispatih). saya tidak bilang jelek, tapi hampir semua video clip yang ada konsepnya sama. mesra-mesraan ma ceweknya, terus disakitin, ada adegan berantemnya, terus bubaran atau diselingkuhi. kebanyakan kaya gitu. beberapa juga meniru video clipnya wali.
     oleh karena itu paling pertama dan utama buat konsep, mau dibuat gimana video clipnya, temanya apa, propertinya apa, modelnya siapa, ceritanya kaya apa bahkan sampai angle nya gimana. kalau perlu dengerin lagu kamu sambil dilamunin dulu. bagusnya gimana, terus dirapatin bareng sama band kamu sama sutradara, kameraman dan modelnya juga. dalam pembuatan video yeriko noco - alam damai ini cuma dilakukan 2 orang saja yaitu saya dan teman saya bernama Alief. awal pembuatan kita adu argumen dulu nentuin konsep. dibikin gini dibikin gitu. bahkan bikin konsepnya lebih lama dari pada shooting video clipnya.

2. Tentukan alat perekam dan pendukungnya
     Alat perekanm ini termasuk yang penting tapi sesuai judul, gak harus mahal. kebanyakan band yang punya duit lebih mengutamakan nomor 2 ini dari pada nomor 1. semakin baik kameranya semakin baik hasilnya. tidak salah, tapi tidak selalu begitu menurut saya. pernah juga nonton video clip band indie yang bagus, ternyata cuma menggunakan kamera hand phone. yang penting gambar yang dihasilkan cukup jelas buat masuk tv. kamu kan gak butuh video yang gambarnya segede papan baliho. lagi pula gambar terlalu besar, susah uploadnya ke youtube. yang pasti jangan pake kamera vga. dalam video clip alam damai cuma pake handycam minjem temen. jadi gratis...hehehehe
     komponen pendukung juga penting antara lain pemutar musik. gimana bisa bikin video musik kalau gak ada musinya. gimana nge pas in bibir kamu dengan vocalmu, petikan gitar, ma pukulan drum tanpa musik? yang penting kamu bisa denger lagu kamu dengan jelas. dalam pembuatan video clipku juga terkendala di sini. pemutar audionya cuma pakai hp. jadi palybacknya agak susah, selain itu karena cuma 2 orang dalam pembuatanya, HP dipegang sama temenku yang jadi kameramen. akibatnya waktu pengambilan agak jauh, saya gak denger musiknya. jangan diikuti ya kesalahan ini. kemudian lighting. oke lah kalau out door gak perlu pakai lighting gak papa. tapi kalau indoor, sangat perlu agar gambar tidak noise atau terlalu gelap.

3. Tentukan Property
     sebenarnya mengenai properti sudah termasuk dalam konsep. apa saja yang diperlukan untuk memperindah video clip kamu. properti yang paling penting dalam video band adalah alat musik. tapi ada juga band yang video clipnya gak pake alat musik. model termasuk dalam properti kalau menurut saya. model bisa anggota bandmu atau model sewaan....hehehehehe.... karna dalam artikel ini judulnya buat video clip murah, jadi modelnya temen aja. dibayar pake makanan.hohohohoho... dalam video clipku modelnya cuma aku karna gak sanggup nyogok pake makanan. maaf kalo gayanya kaku banget, karena gak pernah jadi model sebelumnya.

4. Make UP
     sebagian besar cowok risih sama make up, begitu juga saya.... makanya di video clip saya terlihat jelek banget. padahal aslinya memang jelek. bagaimanapun make up artis itu penting. coba liat pembuatan video clip profesional, semua model, penyanyi, band, cowok, cewek pake make up. karena lensa kamera gak sama dengan mata kita. di kamera kulit putih bisa kelihatan gelap. oleh karena itu butuh make up yang mampu memantulkan cahaya.

5. Kostum
     Kostum sebainya menggambarkan musik kamu. kalo musiknya metal, kostumnya yang metal kaya kuburan....hehehe.. kalo rock and roll ya kostumnya ala ala rolling stone. masalah kostum gak usah dipaksain, judulnya aja membuat video clip band murah. yang penting kelihatan keren aja dan sebaiknya sesuai dengan musik kamu. dalam video clipku yang tanpa anggaran, kostum cuma pakai pakaian sehari-hari dan sepatu pinjeman. kalau kamu punya budget buat kostum kamu akan lebih baik. banyak band pakai kostum ala kadarnya makanya terlihat tidak menarik (sama kaya aku). makanya syahrini ngabisin jutaan rupiah buat bikin kostum yang cuma kepakai 1x dlm pembuatan video clipnya.

6. Lokasi atau setting
     Lokasi bukan berarti lokalisasi...hahahahaha tentukan setting dan spot yang sesuai dengan konsep kamu. kamu perlu survey dulu sebelum mulai take. lihat kondisi lingkungan, apa kemungkinan terbutuk yang bisa saja terjadi terutama jika out door. kamu harus bisa mengantisipasinya. kemungkinan buruk jika pengambilan di luar ruangan adalah hujan. bahkan lebih dari itu kamu harus berhati-hati dengan bahaya yang mungkin saja terjadi. jangan sampai terjadi seperti yang saya alami. dalam pembuatan video clip alam damai, ternyata alam tidak bersahabat dengan saya. ketika sedang mengambil gambar, tiba-tiba pohon ambruk menimpa mobil saya. bisa di lihat di akir video clip yeriko noco - alam damai.

7. Take lebih dari satu kali
     sebaiknya Take suatu adegan dilakukan beberapa kali dan dari angle yang berbeda-beda. hal ini dilakukan untuk mempermudah proses editing. memang agak boros waktu dan hardisk. kalau yang pakai pita ya boros pita. tapi itu untuk hasil video terbaik kalian. so jangan pelit di sini. kadang gagal harus diulang. biasanya jasa pembuatan video clip tidak fleksible di sini. kebanyakan jasa pembuatan video clip memiliki prinsip "Lebih cepat lebih baik". padahal pemain band rata-rata tidak berpengalaman sebagai model sehingga perlu take beberapa kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Editing adalah kunci
     dalam proses editing sebaiknya semboyan "lebih cepat lebih baik" jangan di pakai dulu. hsil maksimal adalah tujuan utamanya. proses editing sangat sulit. manghabiskan waktu, pikiran dan tenaga. yang diperlukan dalam editing video clip adalah mood dan softwar. mood : kalau gak mood susah merimajinasi dan menuangkan imajinasi ke dalam karya. software : software yang banyak efek akan memberikan banyak pilihan. dalam pembuatan video clip alam damai hanya menggunakan software adobe premier cs 4. saat saya coba editing pakai after effect ternyata bisa dibuat lebih keren. sayangnya video clip yang pakai adobe premier cs 4 sang sudah di upload duluan. untuk editing yang di after effect baru dimulai. ntar kalau udah jadi di upload lagi.

9. Monetize your video
     setelah jadi coba tawarkan sama perusahan atau badan usaha yang ada di sekitar kamu.hehehehe bikin proposal, sampaikan kalau video clip kamu akan diunggah ke youtube, akan di tonton banyak orang dan akan menjadi media promosi yang baik untuk usaha anda. kamu bisa tawarkan ke disto, bahkan sebelum kamu buat video clipnya. jadi kostum yang kamu pakai juga di suport mereka. atau bisa kamu tawarkan kepada partai sebagai media kampanye....hehehehehehe... sponsor kamu bisa diletakan di akhir video atau diawal video, tergantung dia berani bayar berapa. tu kan niat nya mau buat video clip mura malah dapet tambahan duit. di video clip ku, sponsor aku pasang di paling akhir video.

begitulah teman share yang bisa aku berikan. jangan karena uang karya kita jadi terhambat. video clipku dari awal sampai akhir cuma dikerjakan 2 orang dengan budget minimum cuma biaya bensin doank. kalian pasti bisa buat lebih baik dengan budget yang lebih gede dan banyak orang yang bantu.

Jika kamu merasa terbantu dengan artikel ini, saya minta sedikit bantuan click http://youtu.be/REy9jWpqGS4 dan beri like untuk video clipku ya. trima kasih

8 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Simply the best post, Im really apriciating for such a gud information you have , thanks for the post
    hair transplant in Bangalore | Hair replacement in bangalore| hair restoration in bangalore

    ReplyDelete
  3. wah bagus juga tuh mas
    bisa buat inspirasi

    ReplyDelete
  4. [̣̇o̲̲̲̅]̣̇[̣̇κ̲̲̲̅]̣̇[̣̇e̲̲̲̅]̣̇°˚°•[̣̇o̲̲̲̅]̣̇[̣̇κ̲̲̲̅]̣̇[̣̇e̲̲̲̅]̣̇°˚°• Kembangkan

    ReplyDelete
  5. [̣̇o̲̲̲̅]̣̇[̣̇κ̲̲̲̅]̣̇[̣̇e̲̲̲̅]̣̇°˚°•[̣̇o̲̲̲̅]̣̇[̣̇κ̲̲̲̅]̣̇[̣̇e̲̲̲̅]̣̇°˚°• Kembangkan mas

    ReplyDelete
  6. kreatif banget..pdhl modal cuma kamera hp.salut :D

    ReplyDelete
  7. kalo misalkan memasukkan suara lain ke dalam video gimana ngeditnya ya?

    ReplyDelete
  8. terimakasih
    saya semakin yakin ingin membuat video clip sendiri juga bisa dan a kalah sma yg label

    ReplyDelete

my blog is dofollow. please comment, but do not spam. thanks