Thursday, March 22, 2012

Tips Mengatasi Hilang Sinyal Pada Modem USB

Menyebalkan emang kalau internetan gak lancar. Padahal waktu awal beli lacar terus dan relatif cepat. Ya itu lah resiko yang kita hadapi jika menggunakan modem USB. Kadang lacar, kadang nggak, kadang malah gak bisa sama sekali. Semua itu disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gangguan cuaca, modem terlalu panas, hingga gangguan pada provider. Tapi masalah yang baru saja ku hadapi ini, belum pernah ku temui sebelumnya, yaitu sinyal modem USB ku hilang sama sekali entah dimana. Awalnya cuma sesekali hilang, kemudian semakin parah, menjadi sering hilang. Lama- kelamaan, sinyal benar-benar hilang sama sekali selama berhari-hari. Wah, jadi kacau semua kegiatan... Gak bisa posting gak bisa review.


Dalam kasus ini saya menggunakan modem USB dari Smartfren Connex EVDO Rev.A yang paling murah 199rb an. Waktu awal beli lumayan cepet  buat akses dan download. Kemudian setelah paket free nya habis, aku isi ulang pakai paket unlimited  bulanan yang 45rb an. Lumayan lah kecepatanya, walupun gak secepat paket gratis internetnya, maklum lah mahasiswa, belinya yang ngirit. Selama kurang lebih 4 bulan internetan lancar terus. Kendala yang dialami masih wajar, paling cuma masalah cuaca. Kalau cuacanya lagi mendung, internetan agak lemot dikit. Dan masalah lain seperti terlalu lama internetan, modem jadi panas, koneksi jadi sedikit lelet. 

Namun memasuki bulan ke 5 mulai ketemu dengan masalah baru. Saat asik-asik browsing, tiba-tiba disconnect. Setelah di cek ternyata sinyalnya hilang. Namun setelah beberapa jam, sinyal kembali lagi. Hal itu terjadi berulang ulang. Dan lama kelamaan menjadi semakin sering. Aku pikir mungkin modemku yang rusak. Aku coba tanyakan ke gallery Smartfren sekalian klaim garansi kalau emang rusak. Aku tanyakan kepada customer service nya  "mbak modem saya sinyalnya sering hilang, apakah modem saya rusak?Saya baru beli 5 bulan." Tanpa menyentuh modem saya, si embak cantiknya berkata, "Bukan mas, modemya tidak rusak cuma jaringan kami yang sedang trouble." Setelah mendengarkan customer service nya, saya jadi tenang. 

Tapi beberapa hari kemudian lost sinyal semakin pararah. selama ber hari-hari modem ku sama sekali tidak ada sinyal. Ku cari-cari solusi gak ada yang tau, cari di Google juga gak dapat jawaban. Di kaskus juga, malah banyak yang galau kayak aku. Akirnya aku nekat mencoba-coba cara berfikir manusia purba dan menemukan sebuah solusi yang sederhana. BERIKUT CARANYA:

Dalam keadaan modem USB terhubung dengan komputer, buka Device Manager. Lokasinya ada di Control Panel. Double click pada Universal Serial Bus Controllers -> Cari Bus modem anda (dalam kasus ini saya menggunakan Smartfren Connex EVDO Rev.A sehingga nama Bus nya "ZTE ETS Port FFDD") klik kanan kemudian Uninstall. -> Cabut modem anda -> Restart computer -> Hubungkan modem USB anda untuk menginstal ulang Bus. Modem akan kembali lancar sepaerti semula.

Jika cara diatas masih belum berhasil, ulangi lah langkah meng Uninstall Serial Bus -> Tapi sebelum me restart computer, Uninstall semua aplikasi/software modem anda tanpa sisa (daam kasus saya Uninstall Smartfren Connex AC682 UI) Hapus hingga ke folder yang ada di program file (Default) -> restart computer -> Instal ulang software bawaan modem anda.

Begitulah solusi yang bermanfaat walau dari hasil coba-coba. Semoga tips saya bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah membaca posting saya. Silahkan meng copy artikel saya, tapi jangan lupa memberikan link sumbernya ke http://yerichrist.blogspot.com. Jika ingin medapatkan tips-tips bermanfaat dari saya secara legal, silahkan Subscribe Via Email. Saya Yeriko, sampai jumpa di posting berikutnya.

21 comments:

  1. sama punyaku juga gitu..
    ok saya coba ya caranya..
    mudah mudahan berhasil..

    ReplyDelete
  2. terima kasih..

    artikeLnya sangat membantu..

    :)

    ReplyDelete
  3. sama sama. senang bisa membantu

    ReplyDelete
  4. Terimah kasih gan

    uda kau selamati komputerku

    soalnya setiap disconnect pasti semuanya not responding

    ReplyDelete
  5. mas, saya dah coba ke dua caranya pada modem HUAWEI SMARTFREN CONNEX EC306-2 tp didak berhasil sinyal evdo cuma 1 bar padahal sebelumnya full tdk pernah drop, klo sinya +1 nya tetep full, lungkin adsa solusi lain ? thnks

    ReplyDelete
  6. buat mas agung wahyuono. maaf sebelumnya. saya pernah juga mengalami masalah seperti anda waktu berada di kota Pati. sinyal evdo kadang dapat di terima kadang tidak. sedangkan sinyal 1x selalu full. kemungkinan yang terjadi antara lain:
    1. posisi mas agung berada di perbatasan area servis EVDO
    2. terjadi perubahan wilayah servis gelombang EVDO
    coba tanyakan kepada pihak smartfren.

    ReplyDelete
  7. Ada kemungkinan modem sudah mulai rusak mungkin mas? atau area tempat tinggal masnya terlalu jauh dari BTS?

    ReplyDelete
  8. Om ada satu tambahan lagi
    Itu port bukan di uninstal tapi di disable
    Dan akhirnya saya berhasil

    ReplyDelete
  9. ane mau coba dulu ah...,modem ane 2 hari ini gak ada sinyalnya..,cuma 1 doang dan gak bisa connect..,jadi galau..,somoga cara ini berhasil..

    ReplyDelete
  10. modem saya juga sinyalnya hilang, kalau di colokan searching terus, sudah saya uninstall dan restart tetep tidak ada sinyal, ada cara lain

    ReplyDelete
  11. Gan, saya punya dua Modem saya pakai gantian.
    1. Huawei vodafone e172 (tahun 2009)
    2. Huawei e153 (tahun 2011)
    Saya memakai satu provider, namun sejak seminggu ini modem yg e172 tidak mau menjangkau sinyal HSUPA/HSDPA/WCDMA padahal biasanya bisa, jadi sekarang cuma menjangkau EDGE saja kecepatan cuma rata-rata 32 kbps, namun ketika kartu internet saya pasang di modem yg e153 langsung menjangkau HSUPA/HSDPA/WCDMA kecepatan bisa sampai 5000 kbps lebih.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah modem sata yg e172 rusak karena kepanasan (padahal saya kasih Modem Fun Cooler) ?
    2. Apakah cuma sampai sekarang saja masa pakai modem ini?

    Mohon pencerahan.. KEEP SMILE (^_^)

    ReplyDelete
  12. Gan, saya punya dua Modem saya pakai gantian.
    1. Huawei vodafone e172 (tahun 2009)
    2. Huawei e153 (tahun 2011)
    Saya memakai satu provider, namun sejak seminggu ini modem yg e172 tidak mau menjangkau sinyal HSUPA/HSDPA/WCDMA padahal biasanya bisa, jadi sekarang cuma menjangkau EDGE saja kecepatan cuma rata-rata 32 kbps, namun ketika kartu internet saya pasang di modem yg e153 langsung menjangkau HSUPA/HSDPA/WCDMA kecepatan bisa sampai 5000 kbps lebih.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah modem sata yg e172 rusak karena kepanasan (padahal saya kasih Modem Fun Cooler) ?
    2. Apakah cuma sampai sekarang saja masa pakai modem ini?

    Mohon pencerahan.. KEEP SMILE (^_^)

    ReplyDelete
  13. Gan, saya punya dua Modem saya pakai gantian.
    1. Huawei vodafone e172 (tahun 2009)
    2. Huawei e153 (tahun 2011)
    Saya memakai satu provider, namun sejak seminggu ini modem yg e172 tidak mau menjangkau sinyal HSUPA/HSDPA/WCDMA padahal biasanya bisa, jadi sekarang cuma menjangkau EDGE saja kecepatan cuma rata-rata 32 kbps, namun ketika kartu internet saya pasang di modem yg e153 langsung menjangkau HSUPA/HSDPA/WCDMA kecepatan bisa sampai 5000 kbps lebih.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah modem sata yg e172 rusak karena kepanasan (padahal saya kasih Modem Fun Cooler) ?
    2. Apakah cuma sampai sekarang saja masa pakai modem ini?

    Mohon pencerahan.. KEEP SMILE (^_^).

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan baru bales.
      modem dari tahun 2009 bisa bertahan sampai 2013 itu berarti sudah luar biasa bagus. modem saya cuma berumur 1 tahun setelah garansi habis langsung gak bisa kepakai lagi. tahun 2009 harga modem masih mahal antara 800ribu - 1,5jutaan. jadi iklaskanlah ia pergi. harga modem GSM sekarang lebih murah antara 200ribu - 400ribuan saja

      Delete
  14. om, saya malah uda install ulang komputer..
    tpi malah tetep aja kadang2 ilang sinyal tiba2..
    gmana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.... kalau itu kayanya kesalahan bukan pada komputernya.
      1. mungkin dari jaringan smartfren nya
      2. atau mungkin modemnya yang sudah rusak

      saya sekarang juga merasa kecewa dengan smartfren. seloganya "anti lelet" tidak sesuai dengan kenyataanya.

      Delete
  15. mas, saya pakai HP modem, yaitu tipe extrem evdo, tapi sudah satu minggu sinyal menghilang sama sekali...gimana solusinya mas...galau nih.....

    ReplyDelete
  16. kalo aku di komputer ada sinyal tapi di software zte nya ngga ada service pas aku konekin ? kenapa yah ?

    ReplyDelete
  17. makasih gan subscribe bangeeuuddd zzzzzzzzz -_-"

    ReplyDelete

my blog is dofollow. please comment, but do not spam. thanks