Sunday, September 4, 2011

Mattias Eklundh

Hi temen, ni salah satu gitaris keren yang menginspirasi ku. Permainan gitarnya keren banget. speednya cepet banget. Apa lagi permainan tappingnya luar biasa. Mattias "IA" Eklundh lahir di Gothenburg, Swedia tahun 1969. Ia adalah seorang gitaris dan vokalis yang dikenal karena karyanya dengan band Freak Kitchen, Frozen Eyes, Fate, The Jonas Hellborg Trio, dan Art Metal. Selain bermain dalam band, Mattias juga merilis beberapa album solo gitar, salah satunya album Soilwork.
    Pada usia 6 tahun Mattias mulai belajar drum namun ketika ia berusia tiga belas tahun, ia mulai tertarik dengan gitar. Permainan musik Mattias sangat terinspirasi oleh musisi rock terkenal seperti Frank Zappa dan Kiss sebagai dua pengaruh musik besar. Tetapi dalam rekamanya Mattias juga terpengaruh oleh gypsy jazz, Miles Davis, dan Slayer.
   
Pada pertengahan 80an itu, Mattias membentuk band
Frozen EyesFrozen Eyes bubar setelah mereka merilis album pada tahun 1988 dan kemudian Mattias bergabung dengan Fate, band metal asal Denmark sebagai lead gitaris. Ia kemudian kembali ke Swedia pada tahun 1990, dan membentuk band Kitchen Freak pada tahun 1992 dengan mantan drummer Frozen Eyes Joakim Sjoberg dan bassis Kristen Grönlund. Band ini bermain bersama selama 8 tahun, sampai Sjoberg dan Grönlund memutuskan untuk mengundurkan diri pada tahun 2000, kemudian digantikan oleh Christer Örtefors dan Björn Fryklund.
     
Di luar Kitchen Freak, Eklundh telah merilis beberapa album solo, dan tampil sebagai gitaris tamu untuk band-band heavy metal Swedia seperti Evergrey dan Soilwork. Dua album solo
Freak Guitar dirilis pada label Steve Vai, Favored Nations. Pada tahun 2005, ia bergabung dengan gitaris, bassis  sekaligus komposer asal Swedia Jonas Hellborg  dalam Jonas Hellborg Trio Along bersama dengan drummer Niclas Campagnol dan memainkan pertunjukan pertama mereka di Mumbai, India.
    
Mattias selalu menjadi host dan pengajar di
Freak Guitar Camp. Mattias Eklundh menjadi endrose dari  Caparison guitars dengan tipe Apple Horn. Ia juga menjadi Endros untuk perusaan-perusahan besar  seperti Yamaha,  AMT Electronics VH100R, Kelstone dan Laney amplifiers.

No comments:

Post a Comment

my blog is dofollow. please comment, but do not spam. thanks